Ini Negara Apa?

Alkisah, seorang pemuda yang hobi traveling sampai di suatu negara yang dia kurang kenal. Sambil tetap berjalan, sesekali bertanya ke setiap orang yang dia temui.

Ini Negara apa?
Sayup-sayup terdengar suara seorang wanita. Ini Indonesia, sayang. Tempat di mana kamu bisa mendapatkan uang dengan cara apapun. Dari cara yang jujur, sampai yang paling busuk. Dari pekerjaan kantoran di gedung-gedung tinggi pencakar langit, sampai pekerjaan bergumul di antara tumpukan sampah. Dari pekerjaan di kota metropolitan, sampai di lapangan tambang di tengah hutan. Bahkan, hanya dengan tubuhku pun aku bisa mendapat uang tiap malam.

Ini Negara apa?
Terdengar suara lantang dari seorang pria. Ini Indonesia, bung! Di sini kalau kau mau hidup, kau harus menang. Kau tau apa itu menang? Menang adalah membuat orang lain kalah! Terserah mau cara apa, yang penting menang. Mau merampok, menjambret, membunuh pun bisa. Apa? Takut dihukum? Kau ini ketinggalan jaman kali sih. Hari gini gampanglah urusan hukum. Ibarat di pasar, bisalah ditawar.

Ini Negara apa?
Tiba-tiba ada seorang anak muda yang menyeletuk. Ini Indonesia, sob. Beautiful city kalo kata miss universe kita dulu. Di sini, lo bisa have fun go mad. Rabu-Gaul lo biasanya ke mana? What? Lo ga tau Rabu-Gaul?? Meeenn, gini aja, Rabu malem besok lo ikut gue ke acara club mobil gue. Kita mau ngasih sumbangan ke panti asuhan. Gak lama kok di pantinya, satu jam aja itu udah yang paling lama. Habis itu, kita langsung cabut ke ***** café. Kebetulan club mobil gue kebagian jadi host di community event-nya. Nyante jek, ntar lo nebeng mobil gue aja.

Ini Negara apa?
Dengan lembut ada seorang bapak tua renta berkata. Ini Indonesia, mas. Sejak lahir saya di sini, saya lahir tahun 1927. Dulu saya anggota tentara di salah satu kota di Negara ini yaitu Blitar. Kesatuan tentaranya namanya PETA. Kami angkat senjata melawan penjajah. Angkat senjata dalam arti sebenarnya lho mas, benar-benar berperang. Saya senang jaman sekarang tidak ada perang seperti dulu. Tapi saya juga sedih karena sekarang ini, masyarakat gampang sekali menyebut kata “referendum”. Mereka tidak tau susahnya merebut satu per satu daerah dari penjajah dan disatukan dalam NKRI, Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mau ikut saya, mas? Ada lomba tujuhbelasan panjat pinang di lapangan pojok pertigaan itu.

Ini Negara apa?
Kumpulan anak muda dengan kamera digital canggih bergelantungan di leher masing-masing tersenyum padanya. Ini Indonesia, mas. Foto-foto ini? Oh ini bukan di Indonesia, mas. Ini di Pantai Phuket mas, di Thailand. Negara tetangga Indonesia. Kalau yang ini di Singapore. Kemarin kami ikut tour wisata ke dua negara itu. Foto-fotonya sedang kami review. Tapi ternyata tidak ada yang bisa mengalahkan keindahan foto ini mas. Mas tau ini di mana? Ini Kepulauan Raja Ampat, mas. Di Papua, pulau di bagian timur di Indonesia. Biaya ke sana justru lebih mahal daripada ke Thailand-Singapore lho mas. Dan luar biasa indahnya.

Ini Negara apa?
Ada anak kecil perempuan –usia sekitar 4 tahun– tersenyum ceria dan mendekat dengan menggunakan sepeda mungilnya yang berhias meriah dengan kertas krep warna-warni. Ini Indonesia, om. Benderanya warna merah putih atas-bawah gitu. Seperti ini lho om.. *sambil mengangkat bendera Merah-Putih dari plastik dengan pegangan dari lidi* Oh iya, om ikut lomba sepeda hias juga gak? Sebentar lagi dimulai. Ayo om kita ke sana. Kemarin kata kakak panitianya, kalau datang terlambat bisa dikurangi nilainya.

Pemuda itu mau saja berlarian kecil mengikuti di belakang anak kecil yang mengayuh sepedanya. Ternyata dia diajak ke lapangan voli yang sudah penuh dengan anak-anak dengan sepeda yang berhias juga. Dengan keceriaan khas anak kecil, sesekali mereka meneriakkan kata “Merdeka!” yang diselingi dengan tawa dan celotehan riang.

“Aah, negara ini indah juga lho, tweeps” , ketik pemuda itu meng-update status twitter-nya.

http://www.id-optimis.org (upacara digital, kreatifitas anak muda Indonesia)

.iwp.
Let’s share – Let’s shine

Advertisements

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s