Matahari Tenggelam dari Puncak Mercusuar

Saya cukup kaget karena beberapa orang asli Balikpapan justru tidak tahu tentang keberadaan tempat bagus ini. Yup, here we are. Instalasi Menara Suar Tukong Hill yang tingginya sekitar 30-an meter. Kunjungan beberapa bulan yang lalu baru sempat saya tulis sekarang. :p

Menara Suar Tukong Hill

Menara suar ini terletak di tempat paling tinggi di kota Balikpapan. Dari kompleks perumahan Pertamina, kami menuju ke Café Puncak di daerah Pelayaran. Dari café ini, kami terus naik ke atas sampai mentok. Di situlah ujung jalannya, yaitu menara Tukong Hill.Kami mengetahui tempat ini secara kebetulan lewat obrolan dengan seorang waiter sekaligus peracik kopi di sebuah café dekat Kodam Mulawarman Balikpapan. Café ini recommended banget lho. Lain kali deh saya bahas ya.. 🙂

warna langitnya asyik banget

Menara suar atau bisa juga disebut mercusuar adalah salah satu piranti penting dalam navigasi, khususnya untuk transportasi laut. Eh by the way, ada yang tahu arti navigasi sendiri itu apa? Seorang bapak petugas penjaga di Tukong Hill(saya lupa nama si bapak) memberikan pertanyaan sederhana ini. Saya dan teman saya hanya bilang: menunjukkan jalan.Beliau malah tertawa.

Menurut bapak penjaga itu, navigasi adalah seluruh kegiatan atau proses dimulai dari dispatching atau pemberangkatan sampai mencapai tujuan. Dalam kasus mercusuar ini contohnya adalah navigasi kapal laut. Jika ada kapal melihat cahaya dari mercusuar ini, maka hal itu menjadi pemberitahuan ke awak kapal bahwa mereka sudah dekat dengan pelabuhan di Balikpapan. Begitu juga untuk kapal yang keluar.

Ketika kami menanyakan apakah menara boleh dinaiki, bapak penjaga yang sebelumnya bekerja di Sangatta ini hanya menjawab, “Boleh, asal punya nyali. Kalau mbak nya takut dan gak yakin, ya saya larang.” Bahh, nantang nih si bapak. Akhirnya kami putuskan saja mencoba menaiki walaupun ada rasa takut. Menaikinya pun pelan sekali. Setiap tingkat saya berhenti untuk menghilangkan deg-degan. Maklum, tanpa peralatan keamanan sama sekali.

si Dien ngebut manjatnya


Tapi, saya jamin deh. Sampai di puncak, pemandangannya luar biasa indah. It’s a WOW! Posisi menara ini berada pada lekukan, dekat pelabuhan Semayang. Jadi, kita bisa melihat kota Balikpapan, dari kompleks Pertamina sampai daerah Kampung Baru. Terlihat jelas juga aktivitas di pelabuhan, kota Penajam di seberang, sampai platform rig dan kapal tanker yang berlalu-lalang. Kami bertahan lebih dari dua jam karena ingin menikmati sunset di puncak mercusuar. Oh iya, pemandangan kilang Pertamina dari atas pada malam hari juga sedap lho.

senja di atas menara suar

Nah! Sunset!

P.s.: menghindari masuk angin, ada baiknya pakai jaket karena angin di puncak mercusuar lumayan kencang. *eh ini gak becanda lho!Sueerr, sembribit bo’*

.iwp.
Let’s share – Let’s shine

Advertisements

2 Comments

Filed under Uncategorized

2 responses to “Matahari Tenggelam dari Puncak Mercusuar

  1. Hello, this is Russ Rowlett, webmaster of the Lighthouse Directory (www.unc.edu/~rowlett/lighthouse), hosted at the University of North Carolina. You have a good photo of the Balikpapan lighthouse, and I am hoping you will allow me to use the photo on the Directory’s page for Kailimantan (www.unc.edu/~rowlett/lighthouse/idka.htm). The Directory is an educational project, university-based and completely non-commercial, and it features hundred of photos for which people around the world have given their permission. I included a link to the photo. Please take a look (fourth photo on the page); I hope you will think this is a fair use.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s